Hasil penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat pada Puskesmas Salak Kabupaten Pakpak Bharat periode januari-Maret 2009 mempunyai kategori BAIK yaitu dengan nilai rata-rata tertimbang IKM adalah 2,95 atau konversi IKM sebesar 73,65.
KODE | UNSUR PELAYANAN | NILAI RATA-RATA |
U1 | Prosedur Pelayanan | 3,08 |
U2 | Persyaratan Pelayanan | 3,00 |
U3 | Kejelasan Petugas Pelayanan | 2,94 |
U4 | Kedisplinan Petugas Pelayanan | 2,85 |
U5 | Tanggung Jawab Petugas Pelayanan | 2,94 |
U6 | Kemampuan Petugas Pelayanan | 2,99 |
U7 | Kecepatan Pelayanan | 2,89 |
U8 | Keadailan Mendapatkan Pelayanan | 2,93 |
U9 | Kesopanan dan Keramahan Petugas | 2,90 |
U10 | Kewajaran Biaya Pelayanan | 2,99 |
U11 | Kepastian Biaya Pelayanan | 3,23 |
U12 | Kepastian Jadwal Pelayanan | 2,97 |
U13 | Kenyamanan Lingkungan | 2,81 |
U14 | Keamanan Pelayanan | 2,96 |
2,96
Dari hasil tersebut tampak unsur kewajaran biaya pelayanan dan prosedur pelayanan memperoleh nilai tertinggi dari responden 9 dalam hal ini masyarakat). Tentu saja hal tersebut harus dipetahankan dan ditingkatkan untuk menjaga kualitas pelayanan publik di puskesmas salak..
Tetapi tampak beberapa unsur harus mendapat perhatian khusus untuk diperbaiki karena unsur-unsur tersebut mendapat penilaian yang kurang baik dari responden (dalam hal ini masyarakat). Dari Tabel 6 tampak bahwa unsur terendah yaitu kenyamanan lingkungan sangat dikeluhkan oleh masyarakat, tentu saja hal ini menyangkut mengenai kebersihan dan kerapian lingkungan, kelayakan sarana dan prasarana di puskesmas. Sorotan yang kurang baik lainnya ada pada kedisplinan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan serta kesopanan dan keramahan petugas pelayanan.
Dari hasil tersebut tampak unsur kewajaran biaya pelayanan dan prosedur pelayanan memperoleh nilai tertinggi dari responden 9 dalam hal ini masyarakat). Tentu saja hal tersebut harus dipetahankan dan ditingkatkan untuk menjaga kualitas pelayanan publik di puskesmas salak..
Tetapi tampak beberapa unsur harus mendapat perhatian khusus untuk diperbaiki karena unsur-unsur tersebut mendapat penilaian yang kurang baik dari responden (dalam hal ini masyarakat). Dari Tabel 6 tampak bahwa unsur terendah yaitu kenyamanan lingkungan sangat dikeluhkan oleh masyarakat, tentu saja hal ini menyangkut mengenai kebersihan dan kerapian lingkungan, kelayakan sarana dan prasarana di puskesmas. Sorotan yang kurang baik lainnya ada pada kedisplinan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan serta kesopanan dan keramahan petugas pelayanan.